E-Book (PDF, XML, HTML, CSS, dll)

A.   DEFINISI

Sebuah electronic book (lebih di kenal dengan e-book, digital book, digital book atau e-edition) adalah buku dalam bentuk digital, yang terdiri dari teks, gambar, atau keduanya. Dan diproduksi pada, dipublikasikan melalui, dan dibaca di computer atau perangkat elektronik lainnya.[1]

B.   PERBANDINGAN FORMAT

Tujuan : Untuk mengetahui format yang tersedia untuk buku digital
Berikut beberapa Format yang tersedia untuk buku dalam format digital


AZW - Sebuah format proprietary Amazon. Hal ini menyerupai format MOBI kadang-kadang dengan dan kadang-kadang tanpa menyertakan Digital Rights Management (DRM). DRM pada format ini dikhususkan untuk Kindle Amazon.

EPUB Format terbuka didefinisikan oleh Forum Open digital book dari International Digital Publishing Form (<idpf>). Hal ini mengacu kepada standar XHTML andXML. Ini adalah standar yang sedang berkembang. Spesifikasi untuk EPUB dapat ditemukan di situs web IDPF. Adobe Barnes & Noble dan Apple semua milik DRM mereka sendiri untuk format ini yang tidak kompatibel antara satu dengan yang lainnya. Saat ini sudah ada versi baru dari format ini disebut ePub 3 tetapi belum digunakan secara luas.

KF8 -Format Kindle Fire dari Amazon. Hal ini pada dasarnya ePub disusun dalam pembungkus PDB dengan Amazon DRM. Format ini diharapkan untuk digunakan bagi pembaca digital book dari Amazon lainnya.

MOBI - Fomat MobiPocket, ditampilkan menggunakan perangkat lunak membaca sendiri MobiPocket yang tersedia pada hampir semua PDA dan Smartphone. Aplikasi Mobipocket pada PC Windows dapat mengkonversi. Chm, doc,.. Html,. OCF,. Pdf,. Rtf, dan. Txt file ke format ini. Kindle menampilkan format ini, juga.

PDB - Palm File Database. Dapat menyertakan beberapa format digital book yang berbeda yang digital berformat PalmDOC (AportisDoc) dan format eReader juga dan banyak lainnya.

PDF - Portable Document Format yang diciptakan oleh Adobe untuk produk Acrobat mereka. Ini secara tidak langsung merupakan format yang digunakan untuk untuk pertukaran dokumen. Dukungan perangkat lunak untuk format ini hampir mencakupi semua platform komputer dan perangkat genggam Beberapa perangkat memiliki masalah denga PDF karena kebanyakan konten yang tersedia akan ditampilkan baik untuk format A4 atau surat, yang kedunya tidak mudah dibaca ketika diperkecil sesuai layar kecil. Beberapa aplikasi pembaca buku digital dapat menyusun ulang tampilannya bebrapa dokumen PDF, termasuk Sony PRS505, untuk mengakomodasi layar kecil. Beberapa aplikasi pembaca buku digital, termasuk lliad IREX, memiliki fitur pan-dan-zoom yang membantu mudah dibaca.

PRC - Palm Resource File. Sering menyertakan e-book Mobipocket tapi kadang-kadang mnyertakan eReader atau e-book AportisDoc.

TPZ - Topaz file extension yang digunakan pada Amazon Kindle. Topaz adalah pengatur layout yang berguna untuk mengatur pada halaman, bersama dengan versi teks OCR. Format proprietary dari Amazon, digunakan untuk membuat buku-buku tua dengan cepat, karena proses konversi pada dasarnya otomatis dari scan halaman dari sebuah buku, tetapi dengan kelebihan yaitu penyusunan teks (reflows) yang sangat baik.

HTML - Hyper Text Markup Language adalah tulang punggung dari World Wide Web. Banyak teks yang didistribusikan dalam format ini. Selain itu, bebrapa pembaca e-book mendukung Cascading Style Sheets (CSS) yang pada dasarnya gaya utama panduan untuk halaman HTML.

CHM - Compressed HTML, sering digunakan untuk file bantuan Windows. Hal ini telah menjadi sangat popular untuk distribusi teks dan bahan pendukung lainnya melalui Web.

XHTML - versi khusus dari HTML dirancang agar sesuai dengan aturan kontruksi XML. Ini adalah format standar untuk data epub.

XML - tujuan umum markup language untuk pertukaran data. Dalam konteks digital book umumnya terbatas pada XHTML dan RSS feed meskipun beberapa format lain yang telah ditetapkan. Untuk lebih lengkapnya dapat diakses pada laman berikut http://wiki.mobileread.com/wiki/E-book_formats

7 Responses to "E-Book (PDF, XML, HTML, CSS, dll)"

  1. Alhamdulillah dapat ilmu baru lagi,semoga bermanfaat untuk kita semua

    BalasHapus
  2. Pasang iklan kami di blog anda

    kunjungi :
    http://riskyakbarweb.blogspot.com/2014/04/iklan.html

    BalasHapus
  3. terima kasih infonya gan.....
    infonya sangat bermamfaat dan enak dibaca......
    salam kenal dan salam sukses....
    mantap...

    BalasHapus
  4. nambah ilmu. hehe

    kunjungi http://mazbayu97.blogspot.co.id
    MARI BERBAGI ILMU

    BalasHapus